1
Konsultasi Publik Perumusan Peta Jalan Pemerintah Terbuka

Kabar

Ikuti berbagai berita tentang perjalanan Pemerintahan Terbuka di Indonesia.

Konsultasi Publik Perumusan Peta Jalan Pemerintah Terbuka

  • 19/October/2017
  • 32
  • 1518

Perumusan Peta Jalan Pemerintah Terbuka

Apa itu Peta Jalan Pemerintah Terbuka?

Peta jalan pemerintah terbuka adalah panduan yang disusun secara bersama antara pemerintah dengan publik untuk memastikan praktik keterbukaan pemerintah berjalan lebih terarah dan berkelanjutan. Saat ini penyusunan peta jalan pemerintah terbuka memasuki fase rancangan ketiga, di mana sebelumnya peta jalan sudah melewati fase focus group discussion (FGD). Sebagai langkah lanjutan untuk menyempurnakan rancangan peta jalan ini, Open Government Indonesia mengundang Anda untuk turut berkontribusi dalam memberikan aspirasi, kritik, ide dan saran.

Secara Garis Besar Apa Isinya?

Peta jalan pemerintah terbuka menggambarkan enam arah kebijakan/prioritas isu yang akan dikawal selama dua periode: 2017-2019 dan 2020-2024. Keenam arah kebijakan tersebut dirumuskan dengan pertimbangan bahwa masih terdapat empat permasalahan utama keterbukaan seperti: (1) pelayanan publik tidak optimal; (2) akses informasi terbatas; (3) tata kelola data buruk; dan (4) keterbatasan partisipasi publik yang harus diselesaikan untuk mewujudkan keterbukaan pemerintah yang ideal. Apakah Anda setuju dengan alur pikir tersebut? Atau Anda memiliki cara pandang lain dalam melihat permasalahan keterbukaan pemerintah? Ini saatnya tuangkan aspirasi Anda.

Bagaimana Caranya Ambil Bagian?

Untuk dapat ambil bagian dalam menyumbangkan ide, saran, masukan dan kritik terhadap peta jalan pemerintah terbuka, Anda hanya perlu mengikuti dua langkah di bawah ini:

1. Menjawab lima pertanyaan dalam kuisioner berikut

2. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui dan memberikan masukan pada rancangan peta jalan, Anda dapat mengunduh dokumen utuhnya disini dan kirim masukan Anda ke alamat email: contact@opengovindonesia.org

Periode konsultasi publik berlangsung selama dua minggu (18 Oktober-1 November 2017).

Ayo luangkan 5 menit Anda untuk turut ambil bagian dalam menentukan bentuk pemerintah terbuka yang ideal. Ayo dukung pemerintah #JadiOpen!

Komentar


Mitra OGI

Newsletter